[Tugas 1 - MPPL] Manajemen Proyek Perangkat Lunak
a) Deskripsi:
Manajemen proyek perangkat lunak adalah kegiatan/proses dimana proyek perangkat lunak direncanakan, diorganisasi, dilaksanakan, dipantau dan dikendalikan dengan sumber daya organisasi yang dimiliki oleh tim/perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu dan sumber daya yang ditentukan. Dan merupakan bagian penting dalam pembangunan perangkat lunak.
b) Tujuan:
Mengelolah proyek dengan memahami dasar-dasarnya hingga suksesnya proyek perangkat lunak yang ditangani dengan transparasi, performa, integrasi antar software dan optimasi yang memadai. Sehingga software yang dihasilkan memenuhi kriteria yang memuaskan klien.
c) Stakeholder:
Peran masing-masing stakeholder;
- Client:
Pihak yang meminta/menjadi tujuan dari sebuah proyek.
- Programmer/Engineer:
- Memastikan proyek diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan anggaran.
- Memastikan sistem memenuhi harapan organisasi/klien.
- Memimpin proyek/Kepala proyek.
- Merencanakan proyek.
- Mengontrol proyek
- Programmer/Engineer:
- Membangun perangkat lunak dari spesifaki yang telah ditentukan.
- Menguji sistem untuk memastikan sistem telah layak untuk digunakan
- Designer:
- Bertanggung jawab untuk memahami kebutuhan bisnis dan merancang solusi yang akan memenuhi kebutuhan bisnis.
- Menentukan pendekatan yang terbaik untuk bagi sistem.
- Menentukan model secara keseluruhan dan kerangka kerja untuk sistem, hingga ke tingkat merancang layar, laporan, program dan komponen lainnya.
- Menentukan kebutuhan data.
- Analyst:
Bertanggung jawab untuk memastikan bahwa persyaratan dari klien bisnis ditangkap dan didokumentasikan dengan benar sebelum solusi dikembangkan dan diimplementasikan.
- Business Analyst:
- Membantu identifikasi nilai dari sistem yg akan dibangun
- Membangun ide untuk memperbaiki proses bisnis.
- Membantu merancang proses bisnis dan kebijakan yang baru
- System Analyst:
- Menganalisa sistem yang akan diimplementasikan/dibangun
- Sebagain Konsultan
- Sebagai Pakar Pendukung
- Pencetus perubahan, menyusun rancangan perubahan, memfasilitasi perubahan
- Menentukan kapan berpindah tahapan di SDLC.
- Requirement Analyst:
- Infrastructure Analyst:
- Memastikan interaksi sistem dengan infrastruktur teknis organisasi
- Memastikan sistem yang dibangun sesuai dengan standar perusahaan
- Membantu mengidentifikasi perubahan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mendukung sistem
- Change Management Analyst:
- Memastikan dokumentasi dan pendukung sistem tersedia untuk user.
- Memberikan pelatihan untuk user.
- Menyusun strategi menghadapi perubahan
Mengelisitasi kebutuhan dari stakeholder yang berhubungan dengan sistem
Mengawasi hal yang berhubungan dengan instalasi sistem
- End User:
- Pengguna dari sistem/perangkat lunak.
- Mengoperasikan perangkat lunak yang telah dideliver.
- Menjadi penentu dari kebutuhan bisnis suatu sistem.
- Investor/Sponsor:
- Membiayai proyek perangkat lunak
- Bertanggung jawab untuk proyek tersebut secara bisnis.
- Mengawasi proyek.
- Penghubung antara tim manajemen atas dan pemimpin proyek.
- Memberikan otoritas, bimbingan, dan mempertahankan prioritas proyek.
d) Contoh:
SI Penitipan Anak (Proyek SIAPA)
- Deskripsi:
SIAPA adalah sistem informasi yang diperuntukkan untuk membantu tempat penitipan anak dalam melaksanakan aktivitasnya. Sistem ini diharapkan dapat mempermudah orang tua anak dalam memantau perkembanagan anak yang dititipkan sekaligus kegiatan yang dilaksanakan oleh tempat penitipan anak. Sistem ini juga diharapkan dapat mempermudah kerja guru dan pengawas dalam membuat laporan tiap semesternya.
Pada SIAPA, setiap pengguna memiliki hak akses masing-masing. Sehingga tiap pengguna memiliki batasan akan informasi yang dapat diakses dan aksi apa saja yang dapat dilakukan terhadap sistem informasi ini. Dalam pengerjaanya, sistem informasi ini dibangun menggunakan framework laravel dan bootstrap, sedangkan untuk databasenya sendiri menggunakan MySQL.
- Biaya: Estimasi Rp. 150.000.
- Stakeholder:
- Client: Ketua Yayasan Penitipan Anak
- Project Manager: Anggota tim dev SIAPA
- Programmer: Anggota tim dev SIAPA
- End User: Orang Tua, Guru, Pengawas, Ketua Yayasan.
- Screenshot:
Sumber:
- https://en.wikipedia.org/wiki/Software_project_management
- https://erozzgerrard.wordpress.com/2011/11/29/manajemen-proyek-perangkat-lunak/
- http://www.viewpoints-and-perspectives.info/home/stakeholders/
- http://www.1000ventures.com/business_guide/crosscuttings/project_stakeholders.html
- http://www.lifecyclestep.com/open/408.0LifecycleRoles.html
Komentar
Posting Komentar